obat batuk dengan jeruk nipis mudah

Share on :
jeruk nipis bisa mengatasi
batuk Di musim kemarau seperti sekarang ini, banyak bermunculan orang yang terkena sakit batuk. Bila Anda termasuk salah satunya, cobalah obati batuk Anda dengan jeruk nipis.

Cukup dicampur dengan kecap manis, perasan jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan siap menjadi obat batuk Anda. Alternatif lain, perasan jeruk nipis bisa Anda campur dengan satu sendok makan madu dan larutkan dalam setengah gelas air hangat. Minum sebanyak 3 kali sehari, insya Allah batuk Anda akan sembuh.

Kandungan Kimia Jeruk Nipis

Tanaman jeruk nipis termasuk pohon yang berukuran kecil. Buahnya berbentuk bulat dengan ujungnya agak menguncup. Saat muda buahnya berwarna hijau. Semakin tua warna buah menjadi hijau muda atau kekuningan. Rasa buahnya asam segar.

Jeruk nipis mengandung minyak esensial dari golongan monoterpene yaitu limonene dan linalool. Selain itu juga mengandung senyawa flavanoid seperti flavanones, limonoids, poncirin, hesperidin, rhoifolin dan naringin.

Kandungan lainnya adalah asam sitrat, asam folat, mineral (kalsium, kalium, magnesium, natrium, fosfor, besi) dan vitamin (A, B1, B6, dan C).

Sebuah jeruk nipis segar berdiameter 5 cm atau seberat 67 g mengandung 20 kalori, 88 % air, 2 g serat, 22 mg kalsium, 68 mg kalium, 12 mg fosfor, 4 mg magnesium, 1 IU vitamin A, 19 mg vitamin C, dan 5 micrg folat.

Khasiat Jeruk Nipis

Khasiat jeruk nipis diantaranya sebagai antioksidan, penghenti batuk, antikanker, peluruh dahak, peluruh kencing, peluruh keringat, dan membantu proses pencernaan. Bisa pula digunakan untuk membantu mengobati influenza, sariawan, pelangsing tubuh, dan demam.

Bagi orang yang ingin menghentikan kebiasan merokok, bisa dibantu dengan jeruk nipis. Hisaplah sepotong jeruk nipis. Rasanya yang asam segar akan merangsang ingin minum air putih. Lakukan beberapa kali dalam sehari. Selain bisa mengurangi keinginan untuk merokok, juga membantu membersihkan nikotin yang ada di gigi dan mulut.

Jeruk nipis juga memiliki khasiat sebagai antibakteri. Hal ini dibuktikan pada beberapa desa di Afrika barat yang terserang epidemi kolera, penyakit infeksi usus yang menyebabkan diare berat akibat Vibrio Cholerae. Pemberian perasan jeruk nipis bersama nasi ternyata dapat melindungi usus dari penyakit kolera.













semoga bermanfaat.....................

\























http://proherbal.net/obati-batuk-dengan-jeruk-nipis/

What you like this :

Related Articles